• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dugaan Suap Predikat WTP BPK Berakhir Di OTT KPK

Minggu, 28 Mei 2017 | 17:37 WIB
Keterangan pers KPK, Sabtu (27/05/17) terkait OTT suap predikat WTP BPK.
Loading...

Klikbabel.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) temukan uang miliaran dari brangkas Rochmadi Saptogiri (RS) seorang pejabat eselon 1 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat (26/0517)

Menurut Laode Syarif, wakil ketua KPK dalam keterangan pers di kantor KPK, Sabtu (27/05/17) mengatakan, dalam proses OTT telah diamankan uang sebesar Rp 40 juta, Rp 1,145 miliar, dan 3 ribu dollar AS

"Dalam proses OTT, diamankan uang Rp 40 juta, Rp 1,145 miliar, dan 3 ribu dollar AS," ujar Laode sebagaimana di kutip dari Tempo.co

Dari sejumlah uang yang diamankan tersebut menurut Laode, Rp. 40 Juta sudah dipastikan sebagai suap ke BPK oleh tersangka SUG dari Kemendes sebagai tambahan yang sebelumnya diduga pada awal Mei 2017 sudah diberikan sebesar Rp. 200 Juta. Sisa uang yang diamankan saat OTT tersebut menurut Laode masih ditelusuri apakah berkaitan dengan suap di Kementerian Pedesaan atau tidak.

KPK  telah menangkap tujuh orang dalam OTT yang dilakukan di Jakarta pada Jumat (26/05/17) dan Empat dari tujuh orang tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap BPK terkait audit laporan keuangan Kemendes agar BPK memberikan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada Kemendes.

Empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka tersebut antara lain JBP selaku pejabat eselon 3 Kemendes, RS selaku pejabat eselon 1 BPK, ALS yang menjadi auditor BPK, serta Inspektur Jenderal Kemendes SUG.

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : Tempo.co