• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Inilah Sejarah Dan Destinasi Wisata Kota Muntok

Jumat, 26 Mei 2017 | 22:43 WIB
Mercusuar terletak di pantai tanjung kalian Muntok, Bangka Barat

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Tahun 1724 hingga 1725, Sultan Mahmud Badaruddin I memerintahkan kepada istri dan para petinggi kesultanan untuk berangkat dan melihat serta memastikan lokasi yang akan dipilih untuk tempat tinggal keluarga dari Siantan. Setiba di perairan luar Sungsang, dari kejauhan Ratu melihat sebuah daratan yang merupakan bagian dari Pulau Bangka dan menujuh sebuah Tanjung.

Maka Ratu berujar dalam bahasa Melayu Siantan "Daratan Enloklah atau Muntok jadilah," ujarnya saat pertama kali tiba di Muntok pada masa belum terbentuk, sambil menunjuk ke arah daratan Tanjung.

Itulah sepenggal cerita sejarah Kota Muntok yang diceritakan Parhan Ali selaku Bupati Kabupaten Bangka Barat. Selain banyaknya tempat bersejarah Kota Muntok juga memiliki semboyan sebagai Kota ‘TIMAH’  (Tertib, Maju, Indah, Aman, dan Harmonis).

“Selain dikenal sebagai Kota Timah muntok juga dikenal dengan Kota 1.000 Kue,” Ujar Parhan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menurut Asla Hatta selaku warga asli Kecamatan Mentok, banyak tempat wisata di Muntok yang disukai wisatawan dalam dan luar negeri.

"Ada wisata sejarah, wisata alam, wisata pendidikan, wisata bahari, semua ada di Muntok. Ada juga kelenteng dan masjid berdampingan. Toleransi di sini sangat tinggi," Ujarnya saat bertemu Klikbabel Jumat (26/5/17).

Berikut destinasi wisata tempat bersejarah yang wajib dikunjungi di Kota Timah Muntok :

1. Pasanggrahan Menumbing

2. Musium Timah

3. Mercusuar Tanjung kalian

4. Masjid Jamik dan Klenteng Kong Fuk Miau

6. Pesanggrahan Muntok

7. Rumah Mayor Cina

8. Batu Balai

9. Kuburan Keramat

10. Teluk Inggris



Penulis  : Arie
Editor    : Angga S
Sumber : Klikbabel.com