• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Standarisasi Dan Sertifikasi Tingkatkan Daya Saing KUMKM

Selasa, 23 Mei 2017 | 21:14 WIB
Kegiatan Sosialisasi Fasiltasi Setifikasi Halal dan Haki Bagi Usaha Mikro Di Basel, Selasa (23/05/17)

Klikbabel.com, Toboali - Kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) telah menunjukkan peranannya dalam perekonomian nasional, namun masih menghadapi berbagai macam hambatan dan kendala, baik yang bersifat internal maupun eksternal dalam hal produksi dan pengolahan, pemasaran, SDM, desain dan teknologi, permodalan serta iklim pemasaran.

Disamping itu, tuntutan akan standar mutu produk yang tinggi, jaminan keamanan dan asal usul produk juga menjadi perhatian pasar baik basar nasional maupun internasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Arie Anindya Hartika Asisten Deputi Standarisasi dan Sertifikasi Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UMKM RI selaku nara sumber pada acara Sosialisasi Fasilitasi Sertifikasi Halal dan Haki Bagi Usaha Mikro Pada Kegiatan Penguatan Dan Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kab. Basel di Hotel Grand Marina Toboali pada Selasa (23/05/17).

Menurut pemaparannya dihadapan para pelaku UKM di Basel pada acara tersebut, Dalam rangka meningkatkan daya saing dan Nilai tambah produk serta jangkauan pemasaran, salah satu upaya starategis yang dilakukan adalah dengan meningkatkan penerapan Standarisasi dan Sertifikasi terhadap produk KUMKM

" Salah satu upaya strategis untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah produk serta jangkauan pemasaran salah satunya dengan Standarisasi dan Sertifikasi produk KUMKM," Paparnya

Menurutnya, Produk KUMKM yang memiliki daya saing perlu diberi hak kekayayaan intelektual (HKI) agar tidak ada lagi yang mengclaim produk yang sudah berdaya saing tersebut.

Selain itu juga, dirinya juga memaparkan mekanisme pendaftaran sertifikasi halal dan pendaftaran hak cipta dihadapan puluhan pelaku ekonomi UKM di Basel.

loading...
loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : Klikbabel.com