• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ikan Babel di Ekspor ke Malaysia dan Singapura

Senin, 22 Mei 2017 | 11:40 WIB
Rano, angota DPRD kota Pangkalpinang. (foto: Sumarwan/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Sebelum menjadi salah satu anggota DPRD Kota Pangkalpinang perwakilan Dapil Bukit Intan, Rano yang juga Sekretaris Fraksi Demokrat, ternyata punya pengalaman menarik di sektor kelautan.

"Sebelum saya menjadi anggota dewan Kota Pangkalpinang, saya berkecipungan di tempat pelelangan ikan sebagai patner lebih kurang 13 tahun di TPI Ketapang. Jadi saya tahu masalah-masalah pemasaran disana. Dimana dengan adanya perusahaan-perusahan PT yang mengambil ikan-ikan berkualitas itu, untuk membantu pelonjakan harga. Ikan ekspor saja yang tidak pernah kami jual didalam daerah atau lokal, karena itu khusus ekspor," terang Rano saat ditemui Klikbabel.com diruang kerjanya di DPRD Kota Pangkalpinang beberapa waktu lalu.

Sementara, disinggung mengenai adanya beberapa contoh kriteria ikan yang diambil oleh pihak perusahaan tersebut, Rano menyebut bahwa ada seleksi ketat jenis ikan yang di ekspor.

"Ada banyak jenis ikan yang dijual dan masuk keperusahan (PT) diantara lain yaitu jenis ikan Kerapu, ikan Pari, itu semua banyak jenis dan grade tertentu. Untuk harga ditentukan oleh perusahaan dengan harga dollar yang ada di Singapura dan Malaysia," terangnya.

"Selama ini ikan-ikan ekspor yang diambil di Bangka Belitung dikirim ke Malaysia dan Singapura," tegas Rano.

Loading...


Penulis  : Sumarwan
Editor    :
Sumber : Klik Babel