• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gerakan Hemat Energi "Potong 10 Persen"

Senin, 22 Mei 2017 | 15:17 WIB
Kantor Kementrian Energi dan Sumber Daya Manusia (Kumparan.com)
Loading...

Klikbabel.com - Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) RI, Minggu (20/05/17) kampanyekan Gerakan hemat energi "Potong 10 Persen" secara serentak di tiga kota, yakni Denpasar (Bali), Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Makasar (Sulawesi Selatan).

Kementerian ESDM menargetkan agar  hemat energi harus menjadi budaya seluruh komponen masyarakat karena Selain hemat biaya, hemat energi juga lebih mudah dilakukan daripada menciptakan energi untuk memenuhi kebutuhan energi di masyarakat. Bagian dari program konservasi energi ini ditujukan ke semua pihak mulai dari Rumah Tangga (RT), industri, transportasi, gedung komersial hingga fasilitas umum.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana saat acara Gerakan Hemat Energi "Potong 10 Persen" di Balikpapan.

"Sangat mudah untuk menghemat 1 watt dibandingkan harus membangun 1 watt. Untuk menciptakan 1 mw jauh lebih sulit dibandingkan kita harus menghemat 1 mw. Dimulai dari langkah yang sederhana yakni dengan mematikan laptop, TV dan alat elektronik lainnya yang tidak digunakan. Bayangkan kalau dilakukan di seluruh Indonesia," katanya sebagaimana dikutip dari Okezone.com

Gerakan hemat energi ‘Potong 10 Persen’ merupakan upaya Pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan serta sejalan dengan paradigma pengelolaan energi global. Selama 10 tahun terakhir, konsumsi energi naik sebesar 7% per tahun di mana 94% dari kebutuhan energi nasional bergantung pada sumber energi fosil. Maka, penghematan energi adalah langkah tepat dalam memanfaatkan energi yang bertanggung jawab.

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : okezone.com