• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


32 Wakil Babel Ikuti Pasis Dikreg Angkatan 55

Senin, 22 Mei 2017 | 19:35 WIB
Siswa seskoal kunjungi Makorem 045/Gaya. (foto: Sumarwan/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia Satu (ALKI I) menjadi tujuan Kuliah Kerja Forum Strategis II dan KKDN 2017.

Penentuan kawasan ALKI I sendiri, didasarkan atas beberapa pertimbangan strategis, yaitu letak kondisi geografis sebagai jalur laut Internasional yang cukup padat di dunia, yang menghubungkan laut lintas perdagangan Internasional.

"Dengan demikian harus menjadi pertimbangan utama dalam menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran dari berbagai ancaman, baik Militer maupun non militer. Yang mana merupakan salah satu sentral pertahanan Negara Republik Indonesia," terang Komandan Seskoal Kolonel Aris M, dalam sambutannya yang dibacakan oleh pimpinan rombongan, saat berkunjung di makorem 045/Garuda Jaya, Kamis (18/5/17) lalu.

Jumlah Pasis Dikreg Angkatan 55 kali ini sebanyak 130 orang, terdiri dari TNI AL 118 orang, TNI AD 2 orang, TNI AU 2 orang. Ditambah dari negara sahabat Amerika Serikat 8 orang, India, Malaysiia, Thailand, Pakistan, Singapura dan Korea Selatan. 

"Dari jumlah keselurahan 130 orang tersebut, 32 orang dari wilayah Babel," lanjutnya. 

Kuliah Kerja Forum Strategi II dan KKDN ini sendiri, dilaksanakan untuk membekali Pasis dalam menguasai permasalahan yang terjadi di daerah wilayah NKRI.

ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) berdasarkan konsensus yang ditetapkan pada Peraturan Pemerintah no 37 tahun 2002, terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu:
ALKI I : Selat Sunda, Selat Karimata, Laut Natuna dan Laut Cina Selatan
ALKI II : Selat Lombok, Selat Makassar, dan Laut Sulawesi
ALKI III-A : Laut Sawu, Selat Ombai, Laut Banda (Barat Pulau Buru)-Laut Seram (Timur Pulau Mongole) - Laut Maluku, Samudera Pasifik
ALKI III-C : Laut Arafuru, Laut Banda terus ke utara ke utara ke ALKI III-A

Loading...


Penulis  : Sumarwan
Editor    :
Sumber : Klik Babeel