• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Misteri Kelangkaan Obat Di RSUD Basel Belum Terpecahkan

Jumat, 19 Mei 2017 | 14:36 WIB
Foto RSUD Bangka Selatan. (Foto:Wiwin)
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Masih Banyaknya keluhan masyarakat terhadap kelangkaan obat bagi pasien umum di Apotik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Basel, harus segera menjadi perhatian serius bagi pihak terkait. kondisi seperti ini dari tahun ke tahun masih saja terjadi sampai saat ini.

Meskipun telah terjadi pergantian puncuk pimpinan di RSUD Basel dengan Pelaksana Tugas (PLT) Direktur, namun permasalahan kelangkaan obat masih saja menjadi masalah klasik yang  seakan menjadi misteri yang belum terpecahkan termasuk oleh PLT Dirut RSUD

Abi Abdillah (35) warga parit 8 Toboali saat membawa anaknya bernama Rosa (8) berobat ke RSUD Basel sebagai pasien umum terpaksa harus diarahkan membeli obat anaknya di Apotik luar yang harganya lebih mahal, karena di apotik RSUD menurutnya obat untuk pasien umum masih banyak yang tidak tersedia

" Kalau untuk pelayanan rawat inapnya sudah agak mendingan dari yang sebelumnya, tapi masalah kelangkaan obat bagi pasien umum ini masih terus terjadi entah sampai kapan. Saya terpaksa beli obat agak mahal di apotik luar karena di Apotik RSUD Basel tidak tersedia ". Ungkapnya Kepada Klikbabel.com pada Jum'at (19/05/17)

Hal senada juga disampaikan oleh Andi (31) warga Kampung Baru Toboali dan beberapa pasien umum lainnya. Mereka mempertanyakan kenapa layanan kesehatan di Basel belum juga ada perubahan yang berarti. Padahal kesehatan merupakan hak masyarakat yang harus terlayani dengan baik karena menyangkut kesehatan dan nyawa manusia.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha RSUD Basel Nuryadi, S.ST mengatakan bahwa kelangkaan obat di RSUD Basel disebabkan karena pasokan obat yang tidak lancar dari Suplair, ditambah lagi dengan sistem E-Katalog sehingga ada beberapa obat yang dibutuhkan tidak masuk dalam E-Katalog tersebut, ditambah lagi dengan kondisi RSUD Basel yang belum BLUD sehingga untuk mengadakan obat harus mengikuti mekanisme penganggaran dan pengadaan pemerintah.

Kini masyarakat Bangka Selatan terus berharap Kapan Misteri kelangkaan obat di RSUD Basel tersebut terpecahkan agar hak masyarakat untuk berobat dengan layak sesuai dengan Undang-undang segera terwujud.

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : Klikbabel.com