• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Duit Beasiswa Belum cair, Pinjam Dulu

Senin, 15 Mei 2017 | 23:16 WIB
Sesma Hutasoit, salah satu penerima beasiswa Bidikmisi UBB. (foto: hamidun/ klikbabel.com)
Loading...

Ambil Bidikmisi ngurangi beban orang tua, dulu tidak ada tes, hanya mengisi formulir pendaftaran dan memenuhi persyaratan.

 

 

BEASISWA Bidikmisi menjadi pilihan bagi siswa kurang mampu, yang ingin melanjutkan jenjang lebih tinggi. Niki Aprillia, Mahasiswa Universitas Bangka Belitung, mengakui beasiswa bidikmisi mengurangi beban orang tuanya, karena keempat kakaknya juga sedang kuliah.

"Ambil Bidikmisi ngurangi beban orang tua, dulu tidak ada tes, hanya mengisi formulir pendaftaran dan memenuhi persyaratan," ujar mahasiswi UBB asal Padang Sumbar.

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi, diantaranya foto keluarga, Foto Rumah, Surat keterangan Tidak Mampu, dan mengisi data pribadi.

Putri bungsu dari pasangan Gadis dan Syamsuis ini mengatakan, jika uang saku belum ada dia terpaksa harus meminjam sama temannya, "Terkadang uangnya pinjem dulu, karena uang beasiswa belum keluar," ungkap peraih IPK 3,16 tersebut. 

Mahasiswi kelahiran Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Sumatera Barat ini mengatakan, memilih UBB sebagai salah satu universitas dalam SNMPTN karena kebetulan ada keluarga di Bangka Belitung, disamping keinginannya ingin lebih mengenal Babel. 

"Waktu mendaftar ada dua pilihan universitas yaitu Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Bangka Belitung (UBB), namun yang di UNP tidak keluar hasilnya," tutur kelahiran 12 April 1996 ini. 

Aprillia menambahkan ia mendapatkan beasiswa sebesar Rp6 juta, dimana Rp3.6 Juta dibayar per semester yang digunakan untuk uang saku, dan Rp2.4 juta untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT).

 

Ringankan Beban Ortu

Sementara,  Sesma Hutasoit, penerima beasiswa Bidikmisi UBB mengatakan, Ia mengambil jalur Bidikmisi karena melihat kondisi ekonomi keluarganya yang kurang. Sesma mendapat beasiswa Bidikmisi sejak tahun 2015 lalu di Unpad Bandung dan UBB.

"Dengan mengikuti Program Beasiswa Bidikmisi, biaya kuliah ditanggung sampai selesai dan juga mendapatkan uang saku. Uang saku sebesar Rp. 3,6juta perSemester dari beasiswa, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, bayar kos dan uang makan," ujar Sesma.

Mahasiswi kelahiran 15 Agustus 1997 ini mengungkapkan, untuk menghemat biaya dia memilih kost di dekat areal kampus, "Kalau berangkat ke kampus ya nebeng sama temen," ujarnya. 

Sesma memiliki 4 saudara kandung yang saat ini tinggal berasama kedua orangnya di Belinyu, Kabupaten Bangka. Ayahnya seorang buruh dengan penghasilan yang tidak menentu setiap bulannya, rata-rata Rp. 2juta perbulan. 

"Saudara masih sekolah semua, jadi saya ingin mengurangi beban mereka dengan ambil jalur Bidikmisi," tutur putri dari pasangan Leonard Hutasoit dan Elina Panggabean ini.

Loading...


Penulis  : Hamidun
Editor    :
Sumber : Klik Babel