• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hukum Ketenagakerjaan Harus Ditegakan

Jumat, 12 Mei 2017 | 23:29 WIB
Selamat Dan Sukses Atas Dilantiknya Erzaldi Rosman & Abdul Fatah Sebagai Gubernur Dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Priode 2017 - 2022

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Penegakan hukum ketenagakerjaan harus ditegakkan karena masih banyak pelanggaran yang dilakukan terkait hukum ketenagakerjaan, hal itu disampaikan M Jaka Zia Utama, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bangka, Jum'at (12/05/17).

Menurutnya, masih banyaknya Pelanggaran Hukum Ketenagakerjaan, mengharuskan Proaktifnya Disnaker Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam bekerja, apalagi Pengawas Tenaga Kerja dan Penyidik Pengawai Negeri Sipil (PPNS) terpusat di Provunsi mulai tahun 2017 ini.

"Salah satunya penggunaan outsourcing dan kontrak yg tidak didaftarkan ke Dinas Ketenagakerjaan sehingga membuat seluruh perjanjian kerja tidak legal," Ujarnya.

Jaka menambahkan isi perjanjian yang memberatkan pekerja dan tidak menjamin status bekerja, bahkan upah yang tidak layak dan tanpa ada perlindungan jaminan sosial sering ditemukan pada kontrak pekerja/buruh.

SPSI berharap Pemerintah Provinsi dibawah kepemimpinan Gubernur Baru, Bisa mengawasi dan menjadi pelindung kaum buruh dari pemilik modal nakal.

"Kesejahteraan pekerja tidak akan menghambat investasi terhadap pembangunan. Pekerja adalah aset yg berharga, karena pembangunan hadir ditujukan untuk mensejahterakan rakyat," Tutupnya.



Penulis  : Hamidun
Editor    : Angga S
Sumber : Klik babel