Klikbabel.com


Aok Jek Semakin Meluas Dengan Aplikasi Play Store

Selasa, 09 Mei 2017 | 23:43 WIB
Laman website Aok Jek.

Sistemnya mudah, satu aplikasi tapi banyak jasa yang disediakan seperti ojek, order makanan, dan lain-lain. Customer tinggal login, pilih, share lokasi jemput atau antar.

 

Klikbabel.com, Pangkalpinang – Semakin pesatnya tren transportasi menggunakan aplikasi berbasis android, ternyata tak hanya dijadikan peluang pelaku bisnis di Ibukota.

Sejumlah anak muda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tak hanya melirik peluang emas dari bisnis online ini.

Adalah Vinsensius, Suhendra, dan Khusni Latiful Anwar, perintis usaha transportasi berbasis android. Usaha mereka ini dinamakan Aok Jek, jasa ojek online yang sudah semakin dikenal masyarakat kota Pangkalpinang dan Sungailat.

Tanggal 9 Oktober 2016, usaha ojek ini sebenarnya sudah dimulai namun masih menggunakan sistem konvensional pesanan ojek melalui telepon selular, BBM, Watshap dan media sosial seperti Facebook. Dan permintaan antar jemput penumpang masih sebatas rekanan dan teman sejawat saja.

Respon positif dari warga kota Pangkalpinang didapati ketiganya. Sehingga mereka berpikir keras untuk serius memajukan Aok Jek. Sehingga dipilih penggunaan sistem berbasis android play store dengan nama serupa, Aok Jek.

"Aplikasi ini kita bikin sendiri, berhubung pernah belajar di dunia IT dan programmer," kata Vinsensius. 

Aplikasi yang diluncurkan pada 7 Januari 2017 tersebut, dinilai sangat mudah dalam penggunaannya asalkan penggunanya menggunakan handphone android.

“Sistemnya mudah, satu aplikasi tapi banyak jasa yang disediakan seperti ojek, order makanan, dan lain-lain. Customer tinggal login, pilih, share lokasi jemput atau antar,” lanjutnya.

Soal pembagian fee antara pihak perusahaan dan driver Aok Jek, Vinsen mengatakan pihaknya tidak mengambil untung besar, “Yang kita lakukan 80 persen untuk driver, 20 persen untuk pengembang aplikasi Play store. Driver kita ada sekitar 40 orang, tersebar di Pangkalpinang dan Sungailiat,” terangnya.

Dalam aplikasi Aok Jek sendiri, terdapat 4 pilihan layanan yang ditawarkan, diantaranya Aok Ngojek, Aok Food, Aok Mart dan Aok Send. Aok Ngojek merupakan layanan antar orang, Aok Food layanan pesan antar makanan, Aok Mart merupakan layanan pesan antar barang belanjaan di toko dan pasar. Dan Aok Send, merupakan layanan pengiriman paket.

Layanan yang paling banyak digunakan adalah Aok Food, terutama di saat sarapan pagi dan makan siang, “Paling sering banyak order di jam kerja, jam 6 sampai jam 9 pagi, dan makan siang. Aok Food paling banyak dipesan, karena mungkin banyak yang tidak sempat buat beli. Sehari kita bisa dapet 50-an order,” lanjutnya.

“Seperti biasaaaa.. Abang aok jek yg beliin.. Ngalah2n pacar ontimenya, dia mah suka gituu.. Jadi tadi pas abangnya ngaterin, setengah kaget takjub dan heran, eykee pikir berita hoax ternyata beneran ada ojek yg guanteng mirip artis key pop.. Hahahhaa,” tulis Novie Rinna di kolom komentar Aok Jek.

“Lah nyobaaaa TOP!!!!! Dak nyampe 15 menit makanan sampai.. Sukses terus aok jek.. Semoga sungailiat segera terealisasi juga!!,” Devi Umaya

Pemilik usaha makanan juga memberikan tanggapan positif keberadaan Aok Jek ini, salah satunya pengusaha warung ayam bakar rawit. “Keren.. Aok jek mantap… Alhmdllh adanya aok jek warung ayam bakar rawit kami juga lama kelamaan byk pelanggan dr aok jek

Terima kasih aok jek pangkalpinang. Sukses terus buat AOK JEK.. serta driver semoga sehat selalu.. Hati hati di jalan,” tulis Rika Aprianti II.

“Mantap pokoknya. Alhamdulillah pelanggan bakso saya puas.langsung kirim .(sampai di pelanggan kwah masih panas),” Dwi - Bakso SUMANTRI

“MakasihMang Aok Jek, solusi tepat ketika harus jemput Daffa pulang sekolah..Orders cuss dateng deh,thx om Dona selalu setia nemenin kita muter2 Pkp. Recomended ojek @Pangkalpinang ngga perlu lama nunggu dan ngga perlu repot2 ke kedai tinggal WA duduk cantik drumah kuliner pun tiba..Semoga selalu bs menjaga kepercayaan dan pelayanannya ya..,” Nylla Kusumawati.

Sejauh ini, Aok Jek tidak menemukan kendala berarti dalam melayani pelanggan setianya. Bukti nyata, saat ini sudah ada 159 mitra di Pangkalpinang dan 39 di Sungailiat.

“Terkait pemesan PHP, itu bukan masalah bagi Aok Jek, tapi dikarenakan jaringan (sinyal) yang tidak ada. Masih tahap pengembangan semua jasa penghubung, karena kita mau semua jasa ada di Aok Jek. Pemasaran kita menyebar brosur keliling, dan semua driver wajib pake jaket Aok Jek. Rencananya kita akan kembangkan aplikasi untuk kendaraan roda empat, Aok Car," jelas Vinsen. 

Selain order antar jemput atau pesanan barang, Anda juga dapat bergabung menjadi driver Aok Jek untuk menambah penghasilan sehari-hari, dengan langsung ke kantor perusahaan di jalan Kampung Bintang kota Pangkalpinang. Atau mendaftarkan diri secara online di aplikasi Aok Jek. 



Penulis  : Adet
Editor    :
Sumber : Klik Babel