• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


LPDB Berikan Solusi Modal Usaha

Senin, 24 April 2017 | 11:14 WIB
Sosialisasi LPDB bersama Universitas Terbuka (Foto : Rama/klikbabel)
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Kemas Danial, Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dalam kuliah umum bersama Universitas Terbuka, Senin (24/04/17) meyampaikan bahwa, dalam hal dukungan akses permodalan, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM telah berupaya menyediakan solusinya, yaitu melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan juga melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

LPDB merupakan satuan kerja (Satker) dari Kementerian Koperasi dan UKM, yang bertugas untuk mengelola dana bergulir dalam bentuk pinjaman/pembiayaan kepada para pelaku Koperasi dan UKM.

"LPDB dananya 100 persen dari APBN, maka hati-hati siapapun yang salah gunakan uang ini bisa dihukum. Sudah banyak dipenjarakan karena ini uang rakyat. Uang LPDB sekali lagi bukan sumbangan hibah tapi ini dana bergulir, yang disubdisi pemerintah adalah bunganya," Jelas Kemas.

Kemas juga menjelaskan bahwa syarat utama untuk mendapatkan pinjaman dana bergulir, calon mitra harus mempunyai badan hukum minimal 2 (dua), memiliki kinerja baik selama 2 (dua) tahun terakhir yang ditunjukkan dengan SHU yang positif, melaksanakan RAT, dan laporan keuangan positif (bagi UKM).

Dia juga mengajak para mahasiswa untuk memanfaatkan skim kredit murah seperti KUR dengan suku bunga 9 persen, dan juga dana bergulir LPDB dengan suku bunga 0,2- 0,3 persen perbulan. Kemas menambahkan dengan ekonomi Bangkabelitung yang saat ini turun jauh diangka 4 persen, karena sektor sektor yang diunggulkan sejak dulu, seperti timah sudah menurun, dan saat ini sudah seharusnya para pemerintah daerah di Bangka belitung bersinergi dalam upaya membangkitkan ekonomi bangkabelitung bersama pemerintah pusat untuk mendatangkan Investor investor yang juga dengan niat membuat perekonomian Bangkabelitung naik kedepannya.

''Pemerintah daerah harus bersinergi dan juga dengan pemerintah Pusat, bagaimana caranya mendatangkan investor investor agar mau menanamkan asetnya di Bumi Serumpun sebalai ini, ''tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Angga S
Sumber : klik babel