• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Seniman Yang Terlupakan

Senin, 17 April 2017 | 14:31 WIB
Roni Kristiawan (53), pelaku karya seni rupa didesa rebo, bangka induk (aldi/klikbabel)

Klikbabel.com, Sungailiat – 31 tahun berkarya dalam seni rupa, Kehidupan Roni Kristiawan (53) warga bisa dikatakan jauh dari layak.

Lelaki paruh baya yang tinggal di desa rebo kabupaten Bangka Induk ini sudah menghasilkan 100 lebih karya seni rupa.

Meskipun dengan penghasilan tak pasti setiap harinya, bersama istri dan ke-5 orang anaknya Roni tetap gigih pada profesinya, hal itu dikarenakan dirinya sudah menjiwai dunia seni rupa.

"Kalo penghasilan sih, tergantung orderan kadang ada kadang enggak, karena dalam karya seni ini saya merasa sudah menjiwai," kata Roni, Minggu (15/04/17)

Menurutnya hingga saat ini Pemda Kabupaten Bangka Induk kurang memperhatikan kehidupan para pelaku senirupa yang ada di Bangka Belitung yang dinilai hanya memperhatikan seni budaya saja.

"Bukan hanya tidak diperhatikan lagi, tapi memang tidak pernah selama ini,"ujar Roni.

Harapan Roni kedepannya untuk para seniman di Bangka Belitung agar lebih bisa diperhatikan keberadaannya sehingga kedepannya pemerintah dapat lebih tanggap hingga bisa saling bersinergis dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Semoga Pemkab dan Pemprov bisa meperhatikan lebih jauh agar seniman dan pemerintah bisa bersinergi dalam membangun sektor pariwisata,"pungkas Roni.

loading...
loading...


Penulis  : Aldi
Editor    : Angga S
Sumber : Klikbabel.com