• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Warga Merawang Panen Ikan Sapil

Jumat, 14 April 2017 | 19:23 WIB
Warga Merawang Panen Ikan di eks kolong tambang timah

Klikbabel.com, Merawang - Edi Iskandar, warga desa Riding Panjang kecamatan Merawang, kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah bertahun-tahun memanfaatkan kolong bekas galian tambang timah menjadi kolam budidaya ikan.

Terlebih permintaan ikan air tawar untuk dikonsumsi masyarakat terus meningkat, diantaranya ikan jenis Gurami, Patin, Lele dan ikan rawa khas Bangka yakni Sapil yang kini permintaannya mampu menembus satu ton per minggu.

Harganya pun cukup menjanjikan, berkisar Rp20 ribu hingga Rp60 ribu rupiah per kilogram. Sayang, tingginya permintaan tidak diimbangi dengan pasokan ikan di pasaran, sehingga peluang ini dimanfaatkan Edi.

Bisnis budidaya ikan air tawar cukup menjanjikan, terutama konsumsi masyarakat akan ikan ini setiap hari terus meningkat. Budidaya ikan air tawar, juga dinilai cocok sebagaiĀ  alternatif mata pencaharian warga pasca tambang.

Para petani ikan berharap pemerintah daerah memberikan bantuan dana bergulir, untuk mengembangkan usaha ini. Karena warga juga memanfaatkan hasil panen ikan, untuk membuat pakan ternak dan Abon.

loading...
loading...


Penulis  :
Editor    :
Sumber : https://www.youtube.com/embed/9Ya77rzxssM